Daftar Jenis Penelitian: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Ilustrasi Penelitian

DISWAY JATENG – Simak inilah daftar jenis penelitian: Pengertian dan ciri-cirinya. Melakukan penelitian tentunya atas dasar rasa ingin tahu. Hasilnya pun harus bisa memiliki pertanggungjawabkan keabsahan dan keakuratannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian memiliki arti sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Ada berbagai macam jenis penelitian yang ada dalam berbagai bidang ilmu. Berikut adalah beberapa contoh umum dari macam-macam penelitian:

1. Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental dengan tujuan untuk mempelajari hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel yang tertentu secara khusus. Biasanya melibatkan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang teruji dalam kondisi yang terkontrol. Penelitian eksperimental sering menjadi penelitain dalam ilmu alam, ilmu sosial, dan bidang kesehatan.

2. Penelitian Observasional

Jenis penelitian observasional melibatkan pengamatan dan pencatatan fenomena alami tanpa campur tangan atau pengaturan variabel oleh peneliti. Jenis penelitian ini umumnya berguna dalam bidang psikologi, sosiologi, antropologi, dan epidemiologi.

3. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif mengumpulkan data non-numerik untuk memahami fenomena dalam konteks sosial, budaya, atau perilaku manusia. Metode penelitian kualitatif meliputi wawancara, observasi partisipan, analisis konten, dan studi kasus. Penelitian kualitatif sering berfungsi dalam ilmu sosial, humaniora, dan ilmu pendidikan.

4. Penelitian Kuantitatif

Jenis penelitian kuantitatif mengumpulkan data numerik dan menganalisisnya menggunakan metode statistik. Tujuan utama dari penelitian kuantitatif adalah untuk mengukur, menjelaskan, atau menguji hubungan antara variabel-variabel tertentu. Penelitian kuantitatif sering menjadi alternatif dalam ilmu alam, ilmu sosial, dan bidang kesehatan.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Mendeley, dijamin Antiribet!

5. Penelitian Deskriptif

Berbeda dengan yang lain, penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan karakteristik suatu fenomena atau populasi dengan cara yang obyektif dan sistematis. Penelitian ini biasanya melalui proses survei, pengumpulan data sekunder, atau analisis statistik dari data yang ada.

6. Penelitian Tindakan

Macam penelitian tindakan adalah pendekatan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki praktik atau situasi yang ada. Peneliti terlibat secara aktif dalam proses perbaikan dengan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan yang peneliti ambil.

7. Penelitian Klinis

Pendekatan penelitian klinis bertujuan untuk menguji efektivitas, keamanan, dan dosis pengobatan atau intervensi medis pada manusia. Penelitian ini sering berfungsi dalam uji klinis terkontrol dengan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

8. Penelitian Dasar

Cara penelitian dasar, juga terkenal sebagai penelitian murni atau penelitian fundamental, bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan dan tidak langsung berkaitan dengan penerapan praktis. Penelitian dasar sering dilakukan dalam bidang ilmu alam dan matematika.(*)