4 Alasan dan Hikmah di balik Hari Raya Waisak Libur dan Cuti Nasional, Nomer 3 Paling Bijaksana

Alasan dan Hikmah kenapa Waisak menjadi Hari Libur Nasional (Thinkstcok/Platongkoh)
Alasan dan Hikmah kenapa Waisak menjadi Hari Libur Nasional (Thinkstcok/Platongkoh)

DISWAY JATENG – Waisak merupakan perayaan agama Buddha yang akan menjadi perayakan besar oleh umat Buddha pada seluruh dunia.

Karenanya Hari Waisak adalah hari yang sangat penting bagi umat Buddha karena merayakan tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, dan wafatnya.

Perayaan ini umumnya jatuh pada bulan purnama pada bulan Mei. Hal ini yang kemudian banyak negara, termasuk Indonesia, memutuskan untuk mengumumkan Hari Raya Buddha ini sebagai hari libur nasional.

BACA JUGA: Penjelasan Singkat Hari Raya Waisak: Kelahiran Pangeran Siddharta, Pencapaian Penerangan, dan Wafatnya Buddha Gautama

Berikut kemungkinan alasan dan hikmah mengapa Hari Waisak menjadi hari libur

1. Penghormatan Mulia kepada Agama Buddha

Hari agama Buddha ini menjadi hari libur tidak lain karena untuk menghormati dan menghargai kontribusi Buddha dalam memberikan ajaran yang berharga kepada dunia.

Sang Buddha Gautama yang merupakan tokoh sentral dalam agama Buddha, dengan ajarannya telah mengilhami jutaan orang pada seluruh dunia.

Dalam kehidupannya, Sang Buddha memberikan ajaran tentang kebajikan, kasih sayang, dan kebijaksanaan.

Maka Hari Waisak merupakan saat untuk mengenang ajaran-ajaran penting yang telah Sang Buddha berikan. Hal ini juga bentuk dari menghormati warisan budaya yang telah ia tinggalkan.

2. Kesempatan bagi Umat Buddha untuk merenungkan ajarannya

Hari Waisak juga menjadi kesempatan bagi umat Buddha dan masyarakat umum untuk merenungkan ajaran-ajaran Buddha.

Dalam kehidupan yang sibuk dan penuh tekanan, seringkali kita melupakan nilai-nilai yang penting seperti kebaikan, kedamaian, dan kesadaran. Hari libur Waisak memberikan waktu yang berharga untuk merenung dan merefleksikan nilai-nilai tersebut.

Melalui meditasi, doa, dan kegiatan keagamaan lainnya, umat Buddha dan non-Buddha dapat menggali pemahaman yang lebih dalam tentang arti kehidupan dan mencari kedamaian batin.

BACA JUGA: Makin Dekat Candi Borobudur, 32 Biksu Thudong Tiba di Kota Semarang

Inilah salah satu hikmah dari libur di Hari Waisak

3. Perjuangan Nilai Toleransi

Hari agama Buddha juga menjadi momen untuk kampanye perdamaian dan toleransi antarumat beragama. Dalam semangat ajaran Buddha, perdamaian dan toleransi adalah nilai-nilai yang sangat mereka hargai.

Hal ini yang kemudian menjadikan perayaan harii raya agama Buddha ini seringkali terhadiri oleh orang-orang dari berbagai latar belakang agama yang berbeda.

Kemudian mereka datang bersama-sama untuk menghormati dan merayakan perayaan ini. Pertemuan ini  merupakan kesempatan untuk membangun pemahaman dan menghargai perbedaan. Serta menjadi salah satu kampanye persatuan dan harmoni antara umat beragama.

4. Kerja Sosial dan Pembangunan Ekonomi

Selain alasan-alasan yang telah tersebut. Hari Waisak juga memiliki aksi sosial dan ekonomi. Sebagai hari libur nasional, Hari Waisak memberikan kesempatan bagi keluarga dan teman-teman untuk berkumpul dan merayakan bersama.

Ini sangat memperkuat ikatan keluarga dan mendorong interaksi sosial yang positif. Selain itu, perayaan Waisak juga menciptakan peluang ekonomi, terutama dalam sektor pariwisata.

Karenanya Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke tempat-tempat suci Buddha untuk berpartisipasi dalam perayaan Waisak.

BACA JUGA: 32 Biksu Thailand Mampir ke Kota Tegal

Hal ini yang kemudian sangat memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan ekonomi lokal.

Itulah beberapa artikel kenapa Hari Waisak menjadi hari libur nasional dengan alasan-alasan yang kuat. Selain untuk menghormati dan menghargai kontribusi Buddha, Hari Waisak juga memberikan kesempatan untuk merenungkan ajaran-ajaran Buddha.

Bahkan kampanye tentang perdamaian dan toleransi antarumat beragama sampai memperkuat ikatan sosial dan menciptakan peluang ekonomi.

Maka dalam dunia yang terus bergerak dan penuh tekanan, Hari Waisak memberikan waktu dan ruang yang berharga untuk menenangkan pikiran, menghargai nilai-nilai yang penting, dan merayakan keberagaman yang ada di dalam masyarakat kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memahami makna dan arti penting Hari Waisak dan menjadikannya momen yang berarti dalam kehidupan kita.

Itulah beberapa narasi tentang alasan Hari Waisak menjadi hari libur Nasional. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang berguna untuk kamu. Terima kasih.(*)